Rabu, 11 November 2009

Pengenalan Komputer

Komputer merupakan alat yang digunakan sebagai pengolah informasi. Sedangkan Informasi merupakan pengetahuan yang diperolah dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Berdasarkan bentuk dan ukuran komputer terbagi menjadi dua jenis, yaitu komputer Desktop dan Laptop. Komputer desktop merupakan jenis komputer yang dirancang untuk diletakan diatas meja, komputer desktop ini biasanya terdiri dari layar (monitor), kotak CPU (Central Processing Unit), alat pengetikan (keyboard), alat bantu pemilih dan penunjuk dilayar (mouse), dan alat keluar suara (speaker). Sedangkan komputer laptop bentuknya lebih kecil dari pada desktop dimana bagian-bagian layar, cpu, keyboard, mouse dan speaker sudah bersatu didalamnya sehingga menjadi lebih ringkas dan ringan. Fungsi komponen-komponen baik itu komputer desktop maupun laptop pada dasarnya sama, hanya saja komponen-komponen yang terdapat didalam laptop lebih kecil.

Perangkat komputer terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya:
1. Perangkat keras (hardware), yaitu komponen-komponen fisik pada komputer)
2. Perangkat lunak (software), yaitu sistem dan program yang dapat mengolah komputer,
seperti program sistem operasi windows dan linux, program perkantoran seperti microsoft word, excel, powerpoint dan program aplikasi lainnya seperti coreldraw, photoshop dan lain sebagainya.
3. Perangkat pengguna (brainware), yaitu manusia sebagai pengguna saja (operator), pembuat program (programer), perancang sistem informasi dan program (analis program desainer).

Bagian-bagian komputer
1. CPU (Central Processing Unit) unit sistem sebagai pengolah data dan informasi biasanya terdiri dari mainboard, prosesor, memori dan beberapa media lain seperti harddisk, cd atau dvd rom dan lain sebagainya.
2. Monitor (screen) yaitu untuk menampilkan tulisan, gambar dan video. Jenis monitor ada 2 yaitu jenis monitor tabung Chatode Ray Tube (CRT) dan LCD.
3. Keyboard yaitu papan tik alat input tulisan atau perintah.
4. Mouse yaitu alat untuk memilih dan mengeksekusi yang terdapat pada layar monitor.
5. Speaker yaitu pengerah suara.

Isi dalam CPU
Bagian utama komputer didalam CPU terdiri:
1. Mainboard (tempat induknya komponen)
2. Prosesor (otak)
3. Memori (daya ingat)
4. Harddisk (penyimpan data dan program)
5. CD/DVD ROM (pembaca CD/DVD)
6. Power Suplay (pengantar listrik)






0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers

Recommended Gadget

  • ads
  • ads
  • ads
  • ads

TIK SMPN 3 CIBADAK Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal